Selasa, 27 April 2010

sablon

Sablon disebut juga dengan screen printing, diartikan dengan cetak saring, yaitu suatu proses cetak-mencetak dengan menggunakan saringan khusus. Saringan tersebut sejenis kasa yang biasanya disebut dengan kain kasa. Kain kasa tersebut terbuat dari bahan nylon atau sejenis polyester. Perbedaan dengan cetak-mencetak dengan system lain, seperti offset, leterprees, maka setak saring ini mempunyai kesederhanaan dalam peralatannya juga dana/anggaran yang dibutuhkan relatif sangat murah dan terjangkau untuk yang ingin bergelut dalam usaha ini.
Tetapi ada kelebihan dari cetak saring ini, diantaranya bisa mencetak pada bahan plastik, kayu, kulit, kain, kaos, aluminium, kaca, dan jenis lain-lainnya.

Untuk yang ingin menggeluti dalam hal pembuatan sablon(screen printing) atau sebagai penambah wawasannya, akan saya coba jabarkan tehnik-tehnik dasar(basic) didalam suatu proses perencanaan dan pembuatannya.
Semoga goresan yang sederhana ini, dapat menuntun dan melahirkan tenaga yang handal dibidang sablon atau untuk bidang grafika umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar